Jamah Lumajang, BRIN Gelar Pelatihan Pengolahan Sampah Organik Menjadi Kompos Skala Rumah Tangga

Img 20231208 Wa0074

Lumajang | mmc.co.id

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menggelar pelatihan pengolahan sampah organik menjadi kompos skala rumah tangga di Lumajang, Jawa Timur. Pelatihan ini dilaksanakan di Gedung Narawita Agung, Jalan A. Yani 176B, Lumajang, pada hari Jumat, 8 Desember 2023.

Pelatihan ini diikuti oleh ±450 peserta dari berbagai kalangan, mulai dari masyarakat umum, hingga pelaku UMKM. Dalam pelatihan ini, peserta diberikan materi dan praktik pengolahan sampah organik menjadi kompos skala rumah tangga.

Img 20231208 Wa0081
Dr. R. Hendrian, M.Sc, Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan inovasi BRIN

Dr. R. Hendrian, M.Sc, Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan inovasi BRIN kepada media menyampaikan bahwa BRIN memiliki program-program kemasyarakatan seperti disampaikan saat sambutan, BRIN tidak hanya melakukan riset-riset tentang nuklir, tentang antariksa, tentang vaksin, tetapi juga melakukan riset tehcnologi tepat guna yang di harapkan memberikan intervensi technologi untuk membantu masyarakat menghadapi permasalahan kongkrit dimasyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

 

“memang sejauh ini, mendapatkan sambutan yang antusias dari msyarakat, topik-topik bisa dilihat, seperti pengolahan kompos, pengolahan makanan, usaha packeging dan seterusnya,” ungkap Hendrian.

 

Lebih lanjut Hendrian berharap agar riset yang di lakukan oleh BRIN tidak hanya tersimpan di dalam paper, tersimpan dilaboratorium, tapi juga bisa di ketahui, bisa diinformasikan dan terlebih lagi bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

 

“harapan saya, riset-riset yang dilakakan oleh teman-teman kami di BRIN bisa dapat di manfaatkan oleh masyarakat,” pungkas Hendrian.

 

Bambang Hariyadi, SE., anggota DPR-RI Komisi VII. Dalam sambutannya, Bambang Hariyadi mengatakan bahwa pelatihan ini sangat penting untuk dilakukan, mengingat permasalahan sampah organik masih menjadi tantangan besar di Indonesia.

Img 20231208 Wa0060
Bambang Hariyadi, SE., anggota DPR-RI Komisi VII

“Sampah organik merupakan salah satu penyumbang terbesar sampah di Indonesia. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk mengurangi dan memanfaatkan sampah organik,” kata Bambang Hariyadi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *