Ragam  

Sedekah Desa Kalisemut Sebagai Wujud Syukur Kepada Tuhan atas Keberkahan yang Melimpah

Lumajang | mmc.co.id

Desa Kalisemut, yang terletak di Kecamatan Padang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengadakan acara Sedekah Desa yang penuh makna. Acara ini dihiasi dengan jolen, arak-arakan gunungan hasil bumi, yang merupakan simbol kekayaan alam yang dimiliki oleh masyarakat desa, Senin (14/08/2023)

 

Dalam acara yang dihadiri oleh seluruh warga desa dan beberapa tamu undangan tersebut, puluhan gunungan berisi hasil bumi seperti padi, jagung, sayuran, serta buah-buahan dipajang dengan indah bebentuk gunungan. Arak-arakan gunungan tersebut menjadi daya tarik utama acara Sedekah Desa, melambangkan rasa syukur warga desa atas hasil bumi yang melimpah dan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa.

PhotoGrid_Plus_1692008585958_copy_891x712
Kepala Desa Kalisemut, Lesus Ageng bersama H.Bukasan, Spd, MM

Kegiatan Sedekah Desa ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antarwarga, serta mendorong semangat gotong royong dalam berbagi keberkahan kepada sesama. Para warga dari RW dan RT dari masing-masing dusun turut berpartisipasi dalam acara ini dengan memberikan dukungan terhadap kegiatan sosial yang diadakan oleh desa.

 

Kepala Desa Kalisemut, Bapak Lesus Ageng Pribadi, menyampaikan, “Kami berharap acara sedekah desa yang turun temurun ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat lain untuk selalu berbagi dan merayakan hasil bumi yang diberikan oleh Tuhan. Semoga semangat gotong royong dan kebersamaan tetap terjaga dalam masyarakat kita,” ucapnya.

 

“Acara ini di meriahkan dengan jolen, arak-arakan gunungan dari hasil bumi warga Desa Kalisemut, seperti sayur buah palawija, yang di bentuk seperti gunungan, lalu di arak dengan diiringi musik dan tarian tradisional, dimulai dari dusun krajan, lalu kliling dan finis di balai desa, selain itu nanti malam ada acara wayangan dan juga istighosah,” pungkas Lesus.

 

Sementara H.Bukasan, Spd, MM, yang hadir di acara Sedekah Desa ini menyampaikan, “ini merupakan wujud syukurnya warga Kalisemut untuk selamatan desa, baguslah sebagai tradisi utama, ajang silaturahmi dan kebutulan sekarang bulan Agustus jadi bisa sekaligus perigatan Agustusan,” ucapnya.

 

“Mudah-mudahan Pak Inggi dan seluruh warga desa Kalisemut, tidak ada masalah apa-apa, aman, kemudian bisa membangun dan setiap tahun bisa meyelenggarakan tasyakkuran seperti ini,” Pungkasnya.

IMG-20230814-WA0200_copy_600x800
arak-arakan Jolen

Beberapa warga yang hadir di acara sedekah desa ini menyampaikan rasa syukurnya dan terimakasih kepada pemerintah desa Kalisemut yang sudah memberikan pelayanan dan suasana yang nyaman aman.

 

Acara sedekah desa dengan jolen, arak-arakan gunungan hasil bumi di Desa Kalisemut ini tidak hanya menjadi momen kebersamaan, tetapi juga sebagai sarana untuk memupuk rasa syukur dan solidaritas dalam menjaga harmoni di tengah-tengah masyarakat pedesaan yang kaya akan budaya dan kearifan lokal.

(sin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *